Sebuah Metodologi Pengembangan Informasi untuk Web
Berpola setelah desain dan pengembangan proses mirip dengan yang digunakan oleh banyak communicators1 teknis, penulis, desainer, dan pengembang perangkat lunak 5, metodologi ini melibatkan enam proses dan enam elemen. Saya mendasarkan metodologi ini pada karakteristik dan kualitas dari Web dan pada pengalaman tertentu pengguna Web.
Metodologi saya melibatkan enam set informasi, yang saya sebut elemen :
Informasi Pemirsa adalah toko pengetahuan tentang khalayak sasaran untuk web maupun penonton aktual yang menggunakan web.
Pernyataan Tujuan mendefinisikan alasan dan ruang lingkup keberadaan Web.
Daftar tujuan mendefinisikan tujuan spesifik web harus dicapai.
Informasi domain adalah kumpulan pengetahuan dan informasi tentang subjek domain web selimut.
Spesifikasi web adalah deskripsi rinci tentang kendala dan unsur-unsur yang akan masuk ke web.
Presentasi web adalah deskripsi lengkap tentang struktur teknis (hypertext dan media lainnya) dimana web dikirim ke pengguna.
Komunikator mengembangkan elemen-elemen ini saat melakukan enam proses ini:
Perencanaan adalah proses mendefinisikan dan mengumpulkan informasi tentang audiens, tujuan, sasaran, dan kebijakan Web untuk pengembangan informasi dan penggunaan.
Analisis melibatkan mengevaluasi konsistensi informasi dan kebenaran serta memeriksa susunan teknis web.
Desain adalah proses membuat peta hubungan antara halaman web dan tampilan dan nuansa dari halaman individual.
Pelaksanaan: adalah proses membuat file HTML (dan perangkat lunak terkait, seperti applet Java).
Promosi: melibatkan menyediakan rilis publisitas untuk khalayak umum Web, pengguna potensial, dan pengguna saat ini.
Inovasi adalah proses terus menerus dan kreatif bekerja untuk perbaikan di web untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
Anda akan melihat bahwa metodologi ini mengandung banyak unsur yang sama sebagai proses pengembangan informasi tradisional serta saham kemiripan dengan praktek-praktek rekayasa perangkat lunak. Namun, karena Web bekerja seringkali sangat dinamis dan kompetitif, pengembang web informasi harus bekerja pada semua proses ini terus menerus. Tidak ada "keadaan akhir" analog dengan tanggal kapal untuk dokumen kertas, perangkat lunak, atau CD-ROM - setiap hari adalah batas waktu baru, dan setiap hari membawa lingkungan informasi baru.
Perencanaan untuk Pemirsa dan Tujuan
Pada tahap pertama dari siklus hidup web, fokus Anda akan berada di proses perencanaan dan analisis. Secara khusus, Anda harus menentukan tujuan web Anda dan mengembangkan informasi penonton. Analisis audiens adalah kunci dalam banyak tugas komunikasi teknis 6. perencanaan ini dan analisis mengharuskan Anda bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: Siapa yang akan menggunakan web ini? Apa yang akan mereka peroleh dari itu?
Sebuah metode yang berguna untuk menghasilkan informasi audiens adalah membuat daftar informasi tentang latar belakang penonton, karakteristik, dan kekhawatiran. Informasi ini mungkin tidak pernah lengkap, namun pengembang dapat membuat dan mengelola toko informasi yang dapat tumbuh dari waktu ke waktu.
Pada awalnya, jangan mencoba untuk mencapai terlalu luas penonton (misalnya, "semua orang menggunakan Web"), tapi fokus pada subset yang berhubungan dengan tujuan Anda. Misalnya, jika Anda sedang mempersiapkan web untuk perusahaan yang menjual modem, Anda mungkin mendefinisikan audiens Anda sebagai "potensial, arus, dan pembeli terakhir dari modem." Anda mungkin memiliki beberapa penonton untuk web. Misalnya, selain pembeli modem, Anda bisa juga berkomunikasi dengan pemegang saham perusahaan, karyawan, atau pemasok. Salah satu teknik yang berguna adalah untuk menciptakan sebuah diagram yang menunjukkan penonton Anda akan mencapai di web Anda.
Fokus lain dalam tahap awal pengembangan web adalah untuk mendefinisikan tujuan Anda. Ini adalah ide yang baik untuk memiliki pernyataan tujuan tertulis tersedia setiap saat selama pengembangan web. Pada awalnya, Anda mungkin menyatakan tujuan secara umum, seperti "untuk membuat kehadiran untuk perusahaan kami di dunia maya." Namun, yang terbaik adalah untuk membuat pernyataan tujuan Anda yang lebih spesifik bahkan pada awalnya, seperti "untuk memberikan informasi tentang produk perusahaan kami."
Pernyataan tujuan dan informasi penonton bersama-sama pergi jauh ke arah mengartikulasikan apa web adalah tentang dan merupakan bagian kunci dari informasi untuk mengembangkan awal siklus Web.
Menetapkan Tujuan dan Pengumpulan Informasi Domain
Mengingat penonton dan tujuan, Anda selanjutnya dapat fokus pada pembentukan daftar tujuan tertentu, atau tujuan, untuk web untuk mencapai. Sebagai contoh, pernyataan tujuan Web mungkin "untuk memberikan informasi tentang garis perusahaan kami modem" dan definisi penonton ini Web mungkin "calon pelanggan."
Daftar obyektif untuk web ini mungkin:
Daftar gambar, harga, skema dari semua modem kita.
Menyediakan pemesanan dan layanan informasi.
Memberikan latar belakang (domain) informasi tentang modem untuk menarik calon pelanggan dan membantu mereka pengguna produk kami.
Setelah Anda membuat serangkaian tujuan, langkah berikutnya adalah untuk mengumpulkan informasi domain yang mendukung tujuan tersebut. Informasi domain adalah kumpulan pengetahuan dan informasi tentang subjek domain web selimut. Ini termasuk informasi bahwa pengguna web akan menemukan dan informasi web developer perlu merancang atau mengimplementasikan web.
Sebagai contoh, sebuah web yang menawarkan modem untuk dijual mungkin menarik pada berbagai informasi tentang penggunaan, mekanik, prinsip, dan spesifikasi untuk modem. Meskipun tidak semua informasi ini akan selalu tersedia untuk para pengguna web, pengetahuan domain ini mungkin berguna bagi para pengembang web sehingga mereka dapat memahami kosa kata dan konsep-konsep yang terkait dengan produk.
Seringkali, informasi domain ini membuat pelengkap yang baik untuk informasi web menawarkan. Sebagai contoh, produsen modem dengan koleksi yang baik dari modem fakta mungkin menemukan bahwa pembeli tertarik mengunjungi bahwa web untuk informasi teknis tentang modem dan, dalam perjalanan kunjungan ini, diberitahu tentang produk perusahaan.
Merancang Web
Dalam merancang web Anda harus mempertimbangkan tujuan Web dan penonton. Seorang desainer yang baik tahu bagaimana untuk mencapai efek yang disebut dalam cara yang paling fleksibel, efisien, dan elegan. Untuk desain web, Anda harus memiliki landasan menyeluruh dalam hypertext, multimedia, Jawa, dan kemungkinan pemrograman lain serta pengetahuan tentang bagaimana struktur web tertentu mempengaruhi penonton.
Karena kualitas pori web, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana berbagai khalayak berbeda mungkin menemukan "cara menjadi" informasi Anda. Hypertext dapat memberikan pandangan alternatif informasi dan rute alternatif bagi pengguna untuk mengikuti berdasarkan kebutuhan dan kepentingan mereka. Cara yang baik untuk memberikan fleksibilitas ini adalah untuk memisahkan informasi ke dalam potongan dikelola halaman berukuran dan kemudian memberikan isyarat bagi pembaca tentang struktur Web informasi dan isi, konteks, dan navigasi. Seorang desainer Web dengan demikian menciptakan arsitektur link keseluruhan untuk web - menentukan isi halaman dan hyperlink antara halaman-halaman ini untuk menghubungkan informasi sepanjang rute kebutuhan pengguna.
Seorang perancang web juga harus membuat "tampilan dan nuansa" koheren dan konsisten untuk seluruh web. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan prinsip-prinsip tata letak halaman dan desain dan menyediakan pengguna dengan berbagai petunjuk visual. Isyarat ini, secara konsisten ditempatkan pada halaman web, membantu pengguna menavigasi dan menggunakan informasi Web. Karena web yang bersifat terikat dalam konteks penggunaannya, isyarat ini harus membantu mengungkapkan konteks itu, sehingga pengguna dapat menemukan informasi yang terkait dan mengetahui bagaimana web tersebut berhubungan dengan bidang pengetahuan lainnya.
Menerapkan Web
Setelah Anda menyelesaikan desain web, langkah berikutnya adalah untuk mengimplementasikan web dalam keterbatasan makeup teknis Anda mungkin telah didefinisikan dalam spesifikasi. Pelaksanaan awal mungkin prototipe yang tidak dipublikasikan untuk umum, tetapi tersedia untuk analisis seperti yang digunakan oleh satu set pengguna perwakilan.
Sebuah implementor web menciptakan hypertext markup language (HTML), Common Gateway Interface (CGI) program, dan / atau Java script dan / atau applet. Proses implementasi menyerupai pengembangan perangkat lunak karena melibatkan menggunakan sintaks khusus untuk menciptakan struktur hypertext dalam HTML atau menulis laporan kode bahasa pemrograman dalam file komputer.
Berikut adalah praktek pelaksanaan kunci:
Pada awalnya, membuat stabil, diperpanjang direktori dan struktur file untuk mengelola file Web dan / atau komponen perangkat lunak (termasuk CGI atau program Java).
Gunakan alat seperti HTML editor dan lingkungan authoring mana membantu. Perhatikan bahwa beberapa editor ini adalah "penerjemah" dari program authoring dimaksudkan untuk publikasi berbasis kertas dan tidak selalu disesuaikan untuk pengembangan hypertext.
Periksa pelaksanaan web di berbagai browser untuk memastikan bahwa HTML dapat diartikan benar. Gunakan template untuk mendukung tampilan yang konsisten dan merasa didefinisikan dalam desain Web.
Menganalisis Web
Selama analisis, Anda memeriksa elemen web untuk melihat apakah mencapai tujuannya, untuk melihat apakah ini diterapkan dengan benar, dan informasi domain yang sudah benar dan up-to-date. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengidentifikasi masalah.
Praktek analisis utama adalah:
Mengamati penonton perwakilan menggunakan web Anda (analisis kegunaan).
Mengevaluasi konsistensi dan memverifikasi kebenaran informasi domain.
Memeriksa pelaksanaan teknis web dengan alat validasi HTML.
Rilis Web dan Promosi
Keputusan untuk mengumumkan rilis web Anda tidak boleh dilakukan ringan. Selama waktu segera setelah ketersediaan publik, web anda akan menerima banyak perhatian dari tidak hanya penonton ia mencoba untuk mencapai, tetapi orang-orang yang terlibat dalam web pengindeksan sumber daya serta perangkat lunak pengindeksan otomatis.
Setelah web Anda sudah siap, Anda dapat membuat keberadaannya diketahui komunitas online melalui publisitas. Anda juga dapat membentuk hubungan dengan jaring lain yang menjangkau khalayak yang sama atau telah disiapkan untuk tujuan yang sama. Cara lain untuk lebih mempromosikan web adalah dengan menggunakan strategi pemasaran tertentu atau model bisnis disesuaikan untuk lingkungan dari Web.
Dalam melakukan promosi ini, penting bahwa Anda mengikuti norma-norma komunitas online. Anda harus menghindari "spam" (tanpa pandang bulu mengirim pesan ke banyak orang sebagian besar tertarik) setiap forum komunikasi dengan berita rilis web Anda. Sebaliknya, Anda harus berusaha publisitas untuk layanan promosi yang sesuai secara online (dan offline) milis dan.
Inovasi berkelanjutan
Meskipun deskripsi linear dari proses pengembangan web yang telah saya jelaskan di sini, karya seorang web tidak pernah dilakukan. Karena web adalah round-the-clock, layanan interaktif, pengembang harus mengharapkan umpan balik dari pengguna dan mengantisipasi kebutuhan mereka berubah.
Inovasi praktik kunci adalah:
Terus menerus dan kreatif bekerja untuk perbaikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
Berdasarkan analisis, pengujian pengguna, dan kelompok fokus, mengidentifikasi kebutuhan pengguna baru.
Mengidentifikasi teknologi baru yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan pengguna baik.
Pada akhirnya tujuan inovasi adalah untuk terus meningkatkan kualitas web dengan memastikan bahwa proses perencanaan, analisis, desain, implementasi, promosi, dan inovasi yang berkelanjutan. Pengembang dapat berbagi informasi tentang unsur-unsur Web dan memastikan bahwa informasi dalam web tersebut memenuhi kebutuhan pengguna baik dari segi konten dan antarmuka.
Integrasi
Sedangkan metodologi yang diuraikan di sini untuk mengembangkan web tidak akan berjalan lancar dalam segala situasi, dapat berfungsi sebagai dasar untuk mendekati banyak isu-isu pembangunan informasi web.
Untuk pengguna Web biasa, metodologi resmi ini mungkin tampak jumlah pembebanan komplikasi pada apa yang tampaknya menjadi hanya tugas "menulis HTML" atau membuat "halaman rumah." Namun, mengidentifikasi proses dan elemen dan fokus pada mereka tidak perlu menahan kreativitas - pada kenyataannya, pendekatan proses adalah penekanan dari banyak program peningkatan kualitas 7. Dan, karena banyak pengguna Web mungkin membuktikan, web berkembang dengan baik biasanya memiliki jauh nilai yang lebih besar dari satu yang buru-buru disatukan. Secara khusus, web ditujukan untuk bisnis atau profesional komunikasi perlu tidak hanya mencerminkan konsensus makna antara sponsor dan pencetus informasi, tetapi harus menjangkau khalayak yang beragam dan terus berubah sebagai pengguna membutuhkan perubahan.
Sumber : http://www.december.com/web/develop/overview.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar